Bedah Video Klip Melangkah Bersama S1 PBS

Pada kesempatan kali ini saya akan membedah sebuah video klip milik Prodi S1 Perbankan Syariah (S1 PBS) IAIN Metro. Melalui tangan dingin musisi lokal Kota Metro yaitu Elga Andriana, terciptalah sebuah karya lagu untuk prodi S1 Pebankan Syariah berjudul "Melangkah Bersama" yang berhasil menggema dikuping angkatan 2014. Karena kurang afdol kalau hanya berupa file Mp3 akhirnya kami berusaha membuat video klip dengan budget dan konsep yang sederhana saja.

Secara umum konsep video klip ini hanya berusaha mengajak penonton dalam waktu kurang dari 4 menit untuk berusaha menghafal lirik dari lagu "melangkah bersama" ini. Makanya didalam video klip ada teks-teks yang dibawa, dipegang, ditempel, diberikan ke orang dan dibelai eeeh. Dengan ini harapannya para penonton akan lebih cepat memahami lirik didalam lagu ini selain dari audio juga dibantu dengan visualnya.


Setelah ini di menit 1.57 ada adegan orang melempar kertas-kertas ke udara. Ada yang tau apa maksudnya? Adegan ini bukan sebuah ekspresi kekesalan ketika skripsinya di revisi-revisi terus ya, duhhh. Tapi kita balik ke tulisan paragraf dua, bahwa secara umum konsep video ini lebih mengedepankan penonton hafal cepat lirik lagu ini. Jadi adegan membuang kertas keudara ini menggambarkan "penonton sudah tidak memerlukan lirik lagi dan sudah bisa menyanyi tanpa lirik di menit selanjutnya".

Setelah adegan diatas lalu dimenit berikutnya munculah orang-orang dengan adegan bernyanyi lagu ini tanpa menggunakan bantuan teks. Seperti itulah harapan yang ingin dicapai ketika orang-orang menonton video klip ini.
Bukan kearah editan atau teknik pengambilan gambar yang ditekankan. Tapi lebih mengedepankan kearah dokumentasi keluarga besar S1 Perbankan Syariah IAIN Metro Kelas A. Walaupun pada kenyataannya juga tidak semuanya bisa masuk didalam video. Yang jelas video klip ini atau jejak digital ini akan selalu ada dan menjadi mesin waktu ketika dilihat di tahun-tahun kedepan setelah kerja, berkeluarga dan ketika sudah dihari tua nanti.

Ikan Hiu Makan Tomat











Related Posts

Post a Comment